Tips Sehat

HIDUP SEHAT DENGAN SECANGKIR KOPI

 

Duh….Perut mual2 gini…..NIh akibat kebanYakan minum KOpi nih….Ngak beres nih..hu..hu…….

Teman2 aDa yg tau Ngak gimana Biar berhenti Minum kopi……aNN dah lama NIh minum KOpi dari 2 SMP….gara2Nya kalo PUlang skolah NYokap pasti Minum KOpi trus Ikut2an Minum…….ehh keterusan samPe sekaRang……

sampe2 duLu di katain KEnek boo gara2 kalo apa2 pasti yg dicari KOpi..and ngak tanGGUng2 kopinya KOpi hitam bukan kopi susu……Kalo kmn2 pasti Bawa KOpi kapal aPi di tas…..

sKarang JUga masih Gitu pasti deh Kmn2 bawa KOpi diTas…Bangun TDr NGopi…apalagi disini Lg diNGin gini Bawaan MauNya ngopi mulu hu..hu….

waKtu Hamil juga masih NGopi Ngak bisa stOp…walaupun NGopi sehari 2 Gelas Pas hamil..tapi tetap aza Ngak bagus yah….taNya BidaNNya kataNya ngak papa asal jgn lebih dari 6 gelas yo uwis NGopi jalan terus walaupun Hamil Myson..he..he……

Tapi benar deh pengen BGt NGilangin kebiasaan MInum KOpi ini……tapi Gimana…Masalahnya kalo ngak ngopi pASTI pusing bgt…kpala tuh sakit bgt……..tapi kalo dah NGopi langsung deh enak…apa dah tergantung ama kafeinnya yah?……hu..hu……..

puasa2 juga gitu….BUka Ngak lupa minum KOpi..sahur masih juga disempat2in minum kopi….abis kalo Ngak ngopi lemas gitu he..he….

duh….aDa yg tau Ngak yah supaya kebiasaan BUruk ini Hilang…….soalnya nih MInum kopi dah kaya MInum air…..seharian bisa minum 4 gelas…..BYk khan…hu..hu….

Padahal sih tau kalo kopi itu Ngak bagus tapi masih aza Minum….he..he…

Kalo ada yg tau caranya Biar bisa HIlang kebiasaan ini kasih tau donk..Please,,,,,,,,,,makasi yah sebelumnya……..

ternyata ada tips buat minum kopi tapi tetap sehat…

ini dia…

1. Dosis
Memang belum ada ukuran yang pasti untuk dosis kopi yang boleh dikonsumsi orang. Namun kebanyakan penelitian mengungkapkan bahwa minum 300 mg caffeine (sekitar 1 sampai 3 cangkir kopi sehari) tidak memberikan efek negative pada kebanyakan orang sehat.

2. Sinyal Bahaya
Ketika mereguk kopi memang terasa nikmat, namun sering kali diikuti dengan sejuta rasa bersalah. Kenali sinyal bahaya kopi sehingga kita tahu kapan harus berhenti minum kopi. Sinyal bahaya itu antara lain: gelisah, jantung berdebar, gangguan tidur dan gangguan mood (mis: cepat marah). Seorang peminum kopi yang menghentikan kebiasaan minum kopinya dapat mengalami “caffeine withdrawal” yang ditandai oleh sakit kepala berdenyut, namun gejala ini akan hilang setelah 24-48 jam atau mendapat caffeine dosis baru.

3. Dengarkan Respon Tubuh
Setiap orang memiliki batasan sendiri mengenai konsumsi caffeine. Kebanyakan orang dapat mengkonsumsi 2 cangkir kopi sehari tanpa masalah. Namun ada pula yang mengalami efek buruknya dengan jumlah konsumsi kopi yang sama. Ada yang bercerita setelah minum secangkir kopi menjadi tak dapat tidur sepanjang malam, sebaliknya ada yang tertidur pulas setelah minum kopi. So, cara terbaik adalah dengarkan respon tubuh sendiri!

4. Kenali Kandungan Caffeine
Setelah mengetahui dosis dan respon tubuh, ada baiknya kita mengetahui kandungan caffeine dalam produk-produk yang sering kita konsumsi. Agar jangan sampai dosis kopi yang dianjurkan sudah tercapai, namun kita masih mengkonsumsi produk-produk lain yang mengandung caffeine sehingga merasakan efek buruk kopi. Beberapa produk lain yang perlu diperhatikan kandungan caffeine seperti misalnya : softdrink, permen kopi, teh, coklat, obat sakit kepala.
Cara pengolahan (roasting dan brewing) juga berpengaruh terhadap kandungan caffeine dalam kopi. Sebagai contoh, sebuah penelitian menunjukkan, secangkir kopi di Starbucks mengandung rata-rata 259 mg caffeine dibandingkan dengan kopi dengan jenis dan ukuran cangkir yang sama di Dunkin Donuts yang hanya mengandung 149 mg caffeine.
Dari penelitian lain, kopi decaf (kopi tanpa caffeine) baik untuk mereka yang mengalami obesitas karena dapat meningkatkan HDL (kolesterol “baik”) sekitar 50%. Sedangkan pada mereka yang tidak mengalami obesitas justru dapat menurunkan kolesterol HDL ini yang dapat meningkatkan resiko penyakit jantung.

5. Coffee Mix
Lima milligram kalsium hilang untuk setiap 6 ons kopi yang dikonsumsi. Namun kehilangan kalsium ini dapat diatasi dengan menambahkan 2 sendok susu atau membuat espresso latte. Sedangkan campuran kopi dengan alkohol kurang baik terutama pada orang dengan gangguan hati dan campuran kopi dengan cream juga sebaiknya dihindari untuk mengurangi kalori yang berlebih. Caffeine juga berinteraksi dengan beberapa jenis obat. Bagi yang sedang mengkonsumsi obat, sebaiknya konsultasikan ke dokter.
Banyak yang beranggapan teman terbaik kopi adalah rokok. Eits, jangan salah. Seorang peminum kopi sejati tidak merokok! Rokok dapat mengurangi nikmatnya ngopi lho…

6. Kelompok Anti-Kopi
Kelompok berikut disarankan untuk menghindari kopi: wanita hamil, anak-anak, orang tua, orang dengan penyakit jantung dan pembuluh darah (mis: hipertensi). Nah, kalau sudah termasuk kelompok ini, lupakan kopi!

7. Check Up
Lakukan pemeriksaan berkala terhadap kesehatan, dalam hal ini adalah ukuran tekanan darah.

Iklan

Satu Tanggapan to “Tips Sehat”

  1. Sharing detox air putih Juni 23, 2016 pada 11:22 PM #

    Terimaksih yaa tulisannya jadi serasa punya temen curhat, kl aku kopinya expreso enaaak bangett dan rencana mau berhenti .. krn 2 gelas aja cukup tuk sulit tidur sampai pagiii

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: